Selasa, 02 Juni 2009

Profil SD Muhammadiyah 2 Kauman SKA

oleh : Intoni Yoga
Ass.Labkomp







Berdiri sejak tahun 1947, dua tahun setelah Indonesia Merdeka, SR Muhammadiyah Kauman berlokasi di Jl. Trisula III/1 Kauman Surakarta dan sebagai Kepala Sekolahnya Ibu Siti Aminah Zaini (almh).

Semasa perkembangannya SR Muhammadiyah Kauman berkali-kali berganti pimpinan Kepala Sekolah, yaitu :

Bapak Sudardjo ( alm ).

Bapak Sigit Siswanto ( alm ).

Bapak Abdul Jalil, BA. ( alm ).

Ibu Sugiarti ( almh ).

Bapak Sugiyatmo.

Bapak Parimin Tejo Pramono, S.Pd.

Tahun 1980, Ibu Salamah Ma’ful mewakafkan tanahnya kepada Muhammadiyah untuk dipergunakan sebagai pengembangan SD Muhammadiyah 2 Surakarta ini, dengan para saksi antara lain : Bapak H. Ali Atmodjo ( alm ), Bapak H. Abdulloh Affandi ( alm ), dan Bapak Haji Muchsony.

Yang kemudian hingga sekarang bangunan tersebut menjagi Gedung Utama yang terdiri dari 2 lantai, 6 ruang kelas, 1 ruang guru utama, sebagai pusat kegiatan KBM, baik Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, Islam Kemuhammadiyahan, Administrasi, dan Laboratorium Komputer.

Mengingat perkembangan SD Muhammadiyah 2 yang sangat pesat dan mendesak, maka dengan prakarsa Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kauman bersama Dewan Penyantun SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta memberanikan diri untuk membuka kelas paralel dua kelas mulai tahun 1993.

Kemudian tahun 1995 Pimpinan Ranting Muhammadiyah dengan Dewan Penyantun mengontrak rumah milik Bapak Ir. M. Taufiq Rahim ( sebelah utara jalan Trisula ) untuk penambahan lokal ruang kelas, Musholla, dan Gudang.

Dan pada tahun 1999/2000, SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta membuka tambahan kelas I menjadi parelel tiga kelas.

Berkat petunjuk Allah SWT. pada tahun 1999 dari Bapak Dr. H. Muhammad Thamrin untuk Bapak/Ibu Ngubaidi telah mengikrarkan/mewakafkan tanah untuk pengembangan SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Pembangunan Gedung Kedua ditanggani oleh Panitia, yaitu :

Bp. H. Muchsony, Bp/Ibu H. Widodo Muhtar, Ibu Ir.Hj. Rufaida Qisti Rustiono, Bp. Ir. M. Yusuf Muttaqien, Ibu Hj. Ir. Sobriyah, Ibu Hj. Dra. Fitriyah, bersama Sekolah dan beberapa Panitia ikut berpartisipasi atas Pembangunan SD Muhammadiyah 2 berlantai III tersebut.

Terdiri dari 3 lantai, 9 ruang kelas, 3 ruang guru, tiap lantai terdapat wc/tiolet yang memadai. Gedung ini berada di selatan gedung Utama berselang rumah penduduk

Sejak berdiri, SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta telah menunjukkan eksistensinya. Banyak orang tua murid yang mendaftarkan putra-putrinya di sekolah ini. Perkembangan yang begitu signifikan dapat kita lihat bersama dari jumlah kelas yang sekarang dipergunakan. Paralel 3 ruangan untuk masing-masing kelas, dari kelas satu hingga kelas 6, dengan jumlah murid lebih dari 700 siswa, dan rata-rata perkelas 40 – 45 anak.

Berbagai kejuaraan diikuti, trophi dan penghargaan berjejer rapi, membuktikan bahwa potensi yang dimiliki SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta cukup tinggi.

Peningkatan minat masyarakat dalam menyekolahkan putra-putrinya ke SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ke tahun semakin bertambah dengan peningkatan input kualitas para siswa baru, ditandai dengan uji kematangan siswa yang semakin sulit tetapi mampu diselesaikan.

Tampak juga dari hasil kelulusan yang terus-menerus memperlihatkan hasil positif dengan ditandai oleh peningkatan peringkat selama tiga tahun ini, dari peringkat 60 besar sekotamadya, sekarang menjadi 20 besar. Bahkan setingkat kecamatan bisa dibanggakan karena mampu bersaing menduduki peringkat 3.

Begitu juga dengan lulusan yang banyak diterima di SLTP favorit.

Banyak para alumnus SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang dapat dibanggakan.

Tidak sedikit peran serta dari mereka dalam mengembangkan SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Hal tersebut bukan berarti SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tidak menghadapi kendala.

Hambatan-hambatan tersebut tak mungkin bisa dilewati dan terselesaikan tanpa bantuan dari segenap pihak, baik dari Masyarakat sekitar, Komite, Majlis Pendidikan Muhammadiyah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, para Alumnus, Orang Tua Murid dan segenap pihak yang mendedikasikan baik waktu, pikiran serta hartanya bagi Perjuangan nya menjadikan Sekolah Dasar ini menjadi yang terbaik dalam mendidik calon-calon penerus bangsa.

Seperti mottonya “ Membentuk generasi Qur’ani yang cerdas trampil dan taqwa sehingga menjadi manusia utama ”

0 komentar:

Posting Komentar